Kegiatan Anti Bulliying di Lingkungan Sekolah SDN 3 Kandangan

SD Negeri 3 Kandangan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan melaksanakan kegiatan Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan dilingkungan Sekolah (Anti Bullying), Sabtu 21/10/2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa siswi SDN 3 Kandangan Kecamatan Purwodadi yang berjumlah 120 siswa, para pendidik, perwakilan komite dan perwakilan orang tua. 
Kepala Sekolah SDN 3 Kandangan Kecamatan Purwodadi, Kusno,S.Pd.SD dalam sambutanya mengajak semua siswa untuk bersama sama melakukan tindakan Stop Bullying dilingkungan sekolah "Sudah selalu kita ingatkan kepada seluruh anak didik untuk tidak mengejek, menyakiti dan mengucilkan sesama teman agar tercipta suasana yang nyaman dilingkungan sekolah dalam kegiatan menuntut ilmu pendidikan di sekolah" ujarnya "Diharapkan kepada semua siswa siswi untuk berhenti melakukan Bullying baik secara verbal ataupun secara fisik mengingat dampak negatif yang akan ditimbulkan yang akan membekas dan dapat menimbulkan dendam tersendiri bagi korban Bullying" ucapnya Kepala Sekolah juga mengajak siswa/siswi untuk tetap saling menghormati, menyayangi dan saling melindungi kepada sesama teman, taat dan patuh kepada orang tua saat dirumah dan taat kepada guru ketika disekolah, kemudian kepada pendidik diharapkan dilingkungan sekolah bisa tercipta suasana yang nyaman bagi siswa untuk belajar dan selalu memperhatikan perilaku-perilaku siswa/siswi yang rentan dan mengarah kepada tindakan bullying "Agar sekolah memberi tugas kepada para siswa untuk membuat buku Refleksi dimana semua hal yang terkait kegiatan disekolah nantinya ditulis oleh siswa pada setiap harinya yang kemudian ditandatangani orang tua, sehingga orang tua menjadi tahu apabila ada kejadian kejadian yang sudah mengarah kepada tindakan Bullying bisa terdeteksi sejak dini".
Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Mahatma Zat Akhdiyat, S.S.,M.Pd. Dalam paparannya, mengajak anak untuk mengidentifikasi mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan dalam pergaulan dengan teman sehari-hari. Kegiatan diakhiri dengan permainan yang melatih anak untuk bekerjasama dalam tim. Beberapa Tips untuk mengatasi dan mencegah bullying di lingkungan sekolah : 
  1.  Beri Edukasi tentang Bullying Penting untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang apa itu bullying, mengapa itu salah, dan dampak negatifnya. 
  2. Fasilitasi Komunikasi Terbuka. Buatlah lingkungan di sekolah di mana siswa merasa nyaman untuk berbicara tentang masalah mereka tanpa takut dicemooh atau diejek. 
  3. Pendidikan Empati. Ajarkan kepada siswa untuk mengerti dan menghargai perasaan orang lain. Ini bisa dilakukan melalui permainan peran atau diskusi kelompok. 
  4. Buat Kelompok Dukungan. Bangun program kelompok kecil atau klub di sekolah yang fokus pada membangun persahabatan, kepercayaan diri, dan mengatasi masalah sosial. 
  5. Libatkan Orangtua dan Wali. Melibatkan orangtua dalam upaya mencegah bullying dapat meningkatkan efektivitasnya, mereka dapat mendukung anak-anak mereka dan mengajarkan nilai-nilai positif. 
  6. Adakan Pelatihan untuk Guru dan Staf.Berikan pelatihan kepada staf sekolah tentang cara mengidentifikasi dan menangani situasi bullying, serta cara mendukung korban dan pelaku.

Posting Komentar untuk "Kegiatan Anti Bulliying di Lingkungan Sekolah SDN 3 Kandangan"